RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH ( RKAS )
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)
ATAU RENCANA JANGKA PENDEK SATU TAHUN
A. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH
SMPN.1 Dukuhturi berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat yang relatif homogen, baik dalam kondisi sosial, ekonomi, budaya, politik maupun keamanan. Kondisi masyarakat seperti ini, di satu sisi menguntungkan bagi dunia pendidikan karena tidak adanya gejolak yang menghambat penyelenggaraan program pendidikan. Di sisi lain kondisi ini sangat menghambat karena pola pikir masyarakat cenderung statis, akibatnya akan sulit untuk diajak berpikir maju, menerima perubahan-perubahan meskipun perubahan itu bersifat membangun.
Kondisi pendidikan di lingkungan dengan pola pikir masyarakat petani dan masyarakat perantau masih mengakar sangat kuat pada generasi muda saat ini, termasuk para siswa. Mereka berpikir bahwa pendidikan tinggi tidak menjamin kebahagiaan hidup. Yang terpenting dibenak hati mereka adalah bagaimana cara mengumpulkan harta dan materi sebanyak-banyaknya meskipun dengan pendidikan yang sangat rendah. Kondisi lain yang sangat menonjol adalah banyaknya keluarga yang ”tidak utuh”. Banyak siswa yang hidup dalam keluarga tanpa bimbingan orang tua, karena ayah dan ibu mereka merantau di daerah lain dalam jangkau waktu yang lama. Hal ini menyebabkan minat anak untuk bersekolah sangat rendah, sehingga angka putus sekolah sangat tinggi.
B. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI :
1. Siswa
Banyak siswa yang tertarik dengan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler dan intra kurikuler. Terbukti dari setiap kegiatan pelajaran tambahan hampir 98% hadir, sehingga tingkat kelulusan 100% walaupun rata-rata nilai NUN belum mencapai 7,00.
2. Guru :
Tingkat kualifikasi akademik guru 95% sudah S1 dan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Rata-rata mengampu 18 sampai 24 jam pelajaran.
3. Tenaga Tata Usaha :
Kualifikasi akademik tenaga Tata Usaha 24% sarjana ( S1 ) dan menguasai TIK.
C. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH 1 (SATU) TAHUN KE DEPAN.
Pada tahun pelajaran 2011/2012 diharapkan bidang akademik dan non akademik akan meningkat. Di bidang akademik hasil rata-rata nilai UN dapat meningkat dari 6,90 menjadi 7,00 dan meningkatkan peringkat UN dari peringkat 32 menjadi 25 di tingkat Kabupaten. Di bidang non akademik hasil lomba-lomba baik dibidang olahraga, maupun seni akan meraih juara ditingkat kabupaten.
Peningkatan dari tahun ke tahun diharapkan dapat meningkat. Sehingga keberadaan SMPN.1 Dukuhturi diharapkan pada 1 (satu) tahun kedepan dapat bersaing di tingkat kabupaten.
D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN
No. | Kondisi pendidikan saat ini | Kondisi pendidikan masa datang | Besarnya tantangan nyata | ||
1. | Standar Kompetensi Lulusan | | | ||
a | Bidang akademik: | | | ||
| - Rata-rata pencapaian KKM semua mapel 6,70 - Rata-rata pencapaian NUN 6,90 - Rata2 pencapaian NUS 7,91 - Perolehan jumlah lomba: 1 jenis mapel OSN tk.Kabupaten (IPS) | - Rata-rata pencapaian KKM semua mapel 7,00 - Rata-rata pencapaian NUN 7,00 - Rata-rata pencapaian NUS 8,00 - Perolehan jumlah lomba : 2 jenis mapel OSN tk. Kabupaten ( IPS dan Fisika ) | 0,30 0,10 0,09 1 Jenis | ||
b | Bidang non akademik: | | | ||
| - Perolehan jumlah kejuaraan: 1 jenis/bidang pada tk kabupaten (seni lukis) | - Perolehan jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang pada tk kabupaten (seni lukis dan Pramuka) | 1 jenis | ||
C | Kelulusan: | | | ||
| - Persentase kelulusan 100 % | - Persentase kelulusan 100% | 0% | ||
d | Melanjutkan studi: | | | ||
| - Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 85% | - Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 90% | 5% | ||
2 | Standar Isi | Standar Isi | | ||
a | Buku KTSP (Buku/Dokumen-1): | | | ||
| Tersusun Buku KTSP 1 bh | Tersusun Buku KTSP 1 bh | 1 bh | ||
b | Silabus: | Silabus: | | ||
| - Tersusun silabus 90 % mapel | - Tersusun silabus 100% mapel | 10 % | ||
c | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): | | | ||
| - Tersusun RPP :90% dari semua mapel. | - Tersusun RPP:100% dari semua mapel | 10% | ||
d | Pemetaan SK dan KD | | | ||
| - Tersusunnya pemetaan SK dan KD 90% | - Tersusunnya pemetaan SK dan KD 100% | 10% | ||
3. | Standar Proses | | | ||
a | Persiapan pembelajaran: | Persiapan pembelajaran: | | ||
| - Kepemilikan silabus oleh guru: 90% memiliki - Kepemilikan RPP oleh guru: 90% memiliki - Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 90% - Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 90% | - Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki - Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki - Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100% - Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100% | 10% 10% 10% 10% | ||
b | Persyaratan Pembelajaran | | | ||
| - Jumlah siswa per rombel: 38 anak - Beban mengajar guru: 24 jam/minggu - Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel 2:1 - Pengelolaan kelas: 90% | - Jumlah siswa maksimal per rombel: 32 anak - Beban mengajar guru: ≥ 24 jam/minggu - Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1 - Pengelolaan kelas: 100% | - - 1 buku/siswa 10% | ||
c | Pelaksanaan pembelajaran: | : | | ||
| - Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 90% - Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 90% - Penerapan CTL: 95% - Penerapan pembelajaran tuntas: 85% - Penerapan PAIKEM/PAKEM: 90% - Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 95% - Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 95% | - Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100% - Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 100% - Penerapan CTL: 100% - Penerapan pembelajaran tuntas: 100% - Penerapan PAIKEM/PAKEM: 100% - Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 100% - Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100% | 10% 10% 5% 15% 10% 5% 5% | ||
d | Pelaksanaan penilaian pembelajaran: | Pelaksanaan penilaian pembelajaran: | | ||
| - Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 90% - Variasi model penilaian : 5 model - Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual - Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 100 % | - Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100% - Variasi model penilaian : 5 model - Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual - Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 100% | 10% 0 0 0 | ||
e | Pengawasan proses pembelajaran: | | | ||
| - Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 90% - Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 90% - Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 90% - Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 90% - Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 90% | - Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100% - Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100% - Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100% - Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100% - Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100% | 10% 10% 10% 10% 10% | ||
4 | Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan: | | | ||
a | Kepala sekolah: | | | ||
| - Memiliki sertifikat Bahasa Inggris (TOEFL) - Menguasai TIK - Kepemimpinan 100 % baik - Mampu melaksanakan MBS 90 % - Memiliki kemampuan kewirausahaan 80 % baik - Melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 1 kali pertahun - administrasi sekolah 85% baik | - Memiliki sertifikat pelatihan bahasa inggris (TOEFL) - Kepemilikan sertifikat TIK - kepemimpinan 100 % baik - Mampu melaksanakan MBS 100 % - Memiliki kemampuan kewirausahaan 85 % baik - Melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 2 kali pertahun - administrasi sekolah 90% baik | 0 0 0 10% 5% 1 kali 5% | ||
b | Guru: (bersifat rata-rata) | Guru: (bersifat rata-rata) | | ||
| - Kebutuhan guru 90 % terpenuhi - Kesesuaian ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan 90 % - Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 70% - Mampu bahasa Inggris aktif 30% - Menguasai TIK: 70% - Memahami dan melaksanakan KTSP: 97% - Melaksanakan penelitian pendidikan: 97% - Mengikuti Pelatihan kepribadian: 95% - Melaksanakan Pengabdian masyarakat: 100% - Mengikuti Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 90% - Kompetensi lulusan guru S1/S2 75% - guru bersertifikasi profesi: 50% - guru yang memiliki komputer/laptop: 60% | - Kebutuhan guru 95 % terpenuhi - Kesesuaian ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan 95 % - Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 80% - Mampu bahasa Inggris aktif 50% - Menguasai TIK: 80% - Memahami dan melaksanakan KTSP: 100% - Melaksanakan penelitian pendidikan: 100% - Mengikuti Pelatihan kepribadian: 100% - Melaksanakan Pengabdian masyarakat: 100% - Mengikuti Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 100% - Kompetensi lulusan guru S1/S2 100% - guru bersertifikasi profesi: 75% - guru yang memiliki komputer/laptop: 70% | 5% 5% 10% 20% 10% 3% 3% 5% 0 10% 25% 25% 10% | ||
c | Tenaga TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata) | | | ||
| - Jumlah tenaga TU berijazah sarjana 24 % - MenguasaiTIK: 90% - Menguasai bahasa Inggris: 15 % - Mengikuti Pelatihan dibidangnya: 95% - Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 100% | - Jumlah tenaga TU berijazah sarjana 30 % - MenguasaiTIK: 100% - Menguasai bahasa Inggris: 30 % - Mengikuti Pelatihan dibidangnya: 100% - Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 100% | 6% 10% 15% 5% 0 | ||
5 | Standar Sarana dan Prasarana | Standar Sarana dan Prasarana | | ||
a | Sarana dan Prasarana Minimal | Sarana dan Prasarana Minimal | | ||
| - Ruang kepala sekolah: 49 m2 - Ruang wakil KS belum ada - Ruang perpustakaan: standar - Ruang Lab. IPA : 1 - Gudang: 1 - Ruang UKS: 1 tidak standar - Ruang BK : 1 belum standar - Ruang OSIS belum standar | - Ruang kepala sekolah: min. 49 m2 - Ruang wakil KS ada - Ruang perpustakaan: standar - Ruang Lab. IPA : 2 - Gudang: 1 - Ruang UKS: 1 standar - Ruang BK : 1 standar - Ruang OSIS Standar | 0 1 0 1 0 1 1 1 | ||
b | Sarana dan Prasarana Lainnya | Sarana dan Prasarana Lainnya | | ||
| - Lab. Bahasa tidak standar - Ruang Lab. Komputer: standar - Belum memiliki Ruang multi media: 0 - Belum memiliki ruang pusat pengembangan SIM - Ruang kantin: tidak standar (<10m2) | - Memiliki ruang Lab. Bahasa standar - Ruang Lab. Komputer: standar - Memiliki ruang multi media - Belum memiliki Ruang pusat pengembangan SIM - Ruang kantin: ada standar | 1 0 1 0 1 | ||
c | Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian | | | ||
| - Daya listrik rendah (3000W) - Komputer Guru: 1 - Komputer TU: 2 buah - Komputer perpustakaan: tidak ada - Komputer Lab IPA: tidak ada - Memiliki TV/VCD 2 set - LCD Proyektor - Jaringan internet: ada - Sarana olah raga: 60% - Belum Memiliki mesin pengganda | - Daya listrik rendah (6000W) - Komputer Guru 2 - Komputer TU: 2 buah - Komputer perpustakaan: 1 - Komputer Lab IPA: 1 - Memiliki TV/VCD 2 set - Memiliki LCD Proyektor 2 bh - Jaringan internet: ada - Sarana olah raga: 80% - Memiliki mesin pengganda | 3000 watt 1 3 1 1 0 1 0 20% 1 | ||
6. | Standar Pengelolaan | Standar Pengelolaan | | ||
a | Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/ kegiatan: | | |||
| - Dokumen RKS dan RKAS 80% sempurna - Dokumen PSB: 100% sempurna - Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100% lengkap - Dokumen tata tertib sekolah: 90% lengkap - Dokumen kode etik sekolah : 95% - Dokumen penugasan guru : 100% - Dokumen administrasi ruang kelas : 100% - Dokumen administrasi ruang laboratorium dan keterampilan : 90% | - Dokumen RKS dan RKAS 100% sempurna - Dokumen PSB: 100% sempurna - Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100% lengkap - Dokumen tata tertib sekolah: 100% - Dokumen kode etik sekolah: 100% - Dokumen penugasan guru : 100% - Dokumen administrasi ruang kelas : 100% - Dokumen administrasi ruang laboratorium dan keterampilan : 100% | 20% 0 0 10% 5% 0 0 10% | ||
b | Struktur organisasi dan mekanisme kerja: | | |||
| - Struktur organisasi: 95% lengkap - Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100% - Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100% | - Struktur organisasi: 100% lengkap - Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100% - Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100% | 5% 0 0 | ||
c | Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah: | | |||
| - memiliki tim khusus dan berfungsi 80% - memiliki instrumen supervisi 80% lengkap - memiliki instrumen monitoring 80% lengkap - memiliki instrumen evaluasi 80% lengkap - memiliki instrumen akreditasi 80% lengkap - memiliki pelaporan supervisi 80% lengkap - memiliki pelaporan monitoring 80% lengkap - melakukan pelaporan evaluasi 80% - melakukan pelaporan akreditasi internal 80% - Pendokumentasian:80% baik - Tindak lanjut: 60% | - memiliki tim khusus dan berfungsi 100% - memiliki instrumen supervisi 100% lengkap - memiliki instrumen monitoring 100% lengkap - memiliki instrumen evaluasi 100% lengkap - memiliki instrumen akreditasi 100% lengkap - memiliki pelaporan supervisi 100% lengkap - memiliki pelaporan monitoring 100% lengkap - melakukan pelaporan evaluasi 100% - melakukan pelaporan akreditasi internal 100% - Pendokumentasian:100% baik - Tindak lanjut: 80% | 20% 20% 20% 20% 20% 20% 20% 20% 20% 20% 20% | ||
d | Kemitraan dan peran serta masyarakat: | | | ||
| - Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90% - Dokumen program kerja komite sekolah: 75% - Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap - Kemitraan dengan pihak lain : dua lembaga | - Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 95% - Dokumen program kerja komite sekolah: 90% - Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap - Kemitraan dengan pihak lain : tiga lembaga | 5% 15% 20% 1 | ||
e | SIM sekolah: | SIM sekolah: | | ||
| - Terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah) : 100% - Terpasang jaringan SIM : 75% | - Terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah): 100% - Terpasang jaringan SIM: 100% | 0 25% | ||
7. | Standar Keuangan dan Pembiayaan | | | ||
a | Sumber dana: 2 buah | Sumber dana: 3 buah | 1 | ||
b | Pengalokasian dana: 7 SNP | Pengalokasian dana: minimal 8 SNP | 1 | ||
c | Penggunaan dana: 100% sesuai APBS | Penggunaan dana: 100% sesuai APBS | 0 | ||
d | Pelaporan penggunaan dana: 100% | Pelaporan penggunaan dana: 100% | 0 | ||
e | Dokumen pendukung pelaporan: 100% | Dokumen pendukung pelaporan: 100% | 0 | ||
8. | Standar Penilaian Pendidikan: | | | ||
a | Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 90% | Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 100% | 10% | ||
b | Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100% baik | Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100% baik | 0 | ||
c | Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100% | Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100% | 0 | ||
d | Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 95% | Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100% | 5% | ||
e | Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 75% variatif | Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100% variatif | 25% | ||
f | Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 90% | Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 100% | 10% | ||
g | Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 90% | Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 100% | 10% | ||
h | Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 80% | Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 100% | 20% | ||
i | Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 80% terpenuhi | Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100% terpenuhi | 20% | ||
j | Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 90% | Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 100% | 10% | ||
9. | Budaya dan lingkungan sekolah. | | | ||
a. | Budaya bersih. | | | ||
| - Kesadaran budaya bersih 90% | - Kesadaran budaya bersih 100% | 10% | ||
b. | Budaya disiplin. | | | ||
| - Kesadaran guru mentaati peraturan 90%. - Kesadaran Staf Tata Usaha mentaati peraturan 90%. - Kesadaran siswa mentaati peraturan 90%. | - Kesadaran guru mentaati peraturan 100%. - Kesadaran Staf Tata Usaha mentaati peraturan 100%. - Kesadaran siswa mentaati peraturan 95%. | 10% 10% 5% | ||
c. | Budaya tata krama “ in action” | | | ||
| - Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 85% | - Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 100% | 15% | ||
d. | Tamanisasi. | | | ||
| - Memiliki taman 10% dari lahan kosong. | - Memiliki taman 30% dari lahan kosong. | 20% | ||
e. | Pengembangan lomba-lomba kebersihan. | | | ||
| - Melaksanakan lomba kebersihan 1 x pertahun | -Melaksanakan lomba kebersihan 2 x pertahun | 1 kali | ||
1. Meningkatkan rata-rata pencapaian KKM semua mapel dari 6,70 menjadi 7,00
2. Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 6,90 menjadi 7,00
3. Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUS dari 7,91 menjadi 8,00
4. Meningkatkan Perolehan jumlah kejuaraan dari 1 jenis/bidang menjadi 2 jenis/bidang pada tk kabupaten
5. Mempertahankan Persentase kelulusan 100%
6. Meningkatkan Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dari 85% menjadi 90%
7. Tersusunnya Buku KTSP ( Dokumen 1)
8. Tersusunnya silabus dari 90 % menjadi 100% mapel
9. Tersusunnya RPP dari 90% menjadi 100% untuk semua mapel.
10. Tersusunnya pemetaan SK dan KD dari 90% menjadi 100%
11. Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar oleh guru dari 90% menjadi 100%
12. Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa dari 90% menjadi 100%
13. Meningkatkan Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel 2:1 menjadi 1:1
14. Meningkatkan Penerapan CTL dari 95% menjadi 100%
15. Meningkatkan Penerapan pembelajaran tuntas dari 85% menjadi 100%
16. Meningkatkan Penerapan PAIKEM/PAKEM dari 90% menjadi 100%
17. Meningkatkan Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah dari 95% menjadi 100%.
18. Meningkatkan cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran dari 95% menjadi 100%
19. Pengembangan Instrumen penilaian hasil belajar dari 90% menjadi 100%
20. Meningkatkan kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi minimal 2 kali/tahun
21. Memiliki tim khusus untuk kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi
22. Meningkatkan pelaksanaan MBS dari 90 % menjadi 100%
23. Meningkatkan kemampuan kewirausahaan dari 80 % menjadi 85%baik
24. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris aktif bagi guru/karyawan dari 30% menjadi 50%
25. Meningkatkan kemampuan penguasaan TIK bagi guru/karyawan dari : 70% menjadi 80%
26. Meningkatkan kegiatan penelitian pendidikan dari 97% menjadi 100%
27. Meningkatkan kemampuan pengelolaan administrasi sekolah/keuangan dari 95% menjadi 100%
28. Memiliki ruang selain ruang kelas yang standar
29. Meningkatkan daya listrik dari 3000W menjadi 6000 W
30. Memiliki satu unit Komputer Lab IPA
31. Memiliki dua buah LCD Proyektor
32. Memiliki Jaringan internet, PAS, dan SIM berbasis TIK
33. Meningkatkan sarana olah raga dari 60% menjadi 80%
34. Memiliki mesin pengganda
35. Memiliki Dokumen RKS dan RKAS untuk sekolah standar nasional
36. Meningkatkan pemberdayaan Komite Sekolah
37. Meningkatkan Frekuensi dan kualitas ulangan harian minimal sebanyak jumlah KD pada masing-masing mata pelajaran
38. Mempertahankan kualitas Ulangan tengah semester/ulangan akhir semester/ulangan kenaikan kelas
39. Meningkatkan Kesadaran budaya bersih dari 90% menjadi 100%
40. Meningkatkan Kesadaran warga sekolah dalam mentaati peraturan 90%menjadi 100%
41. Meningkatkan pemeliharaan dan pembenahan taman 10% menjadi 30% dari lahan kosong.
42. Meningkatkan pelaksanaan lomba kebersihan dari 1 kali menjadi 2 kali pertahun
F. IDENTIFIKASI URUSAN-URUSAN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARAN
Standar Kelulusan :
Sasaran ke-2: Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 6,05 menjadi 6,30
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a. Internal
1. Guru
2. Siswa
3. Kurikulum
4. Buku
5. Fasilitas
6. Sarana prasarana
b. Eksternal
1. Dana
2. Komite sekolah
3. Waktu
G. ANALISIS SWOT
Standar Kelulusan
1. Sasaran ke-2: Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 6,90 menjadi \
7,00
Komponen / Fungsi dan Faktor | Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal) | Kondisi Nyata | Tingkat Kesiapan Faktor | |
S | TS | |||
| | | | |
A. Internal | | | | |
1. Guru | a. Kualifikasi guru 100% S1 b. Sesuai bidang studi untuk guru mapel UN 100% c. Pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun d. Menguasai TIK 100% e. Menguasai CTL 100% f. Menerapkan PAIKEM 100% dengan baik | a. Kualifikasi guru 100% S1 b. Sesuai bidang studi untuk guru mapel UN 100% c. Pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun d. Menguasai TIK 80% e. Menguasai CTL 95% f. Menerapkan PAIKEM 90% | √ √ | √ √ √ √ |
2. Siswa | a. Siswa siap menghadapi UN | a. Siswa kurang siap menghadapi UN | | √ |
3. Kurikulum | a. Kurikulum KTSP ada b. Dokumen Standar Isi ada c. Perangkat pembelajaran mapel UN 100% lengkap d. Jadwal pembelajaran ada | a. Kurikulum KTSP ada b. Dokumen Standar Isi ada c. Perangkat pembelajaran mapel UN 100% lengkap d. Jadwal pembelajaran ada | √ √ √ √ | |
4. Buku | a. Rasio buku pelajaran : siswa = 1 : 1 b. Buku referensi minimal 10 jenis | a. Rasio buku pelajaran : siswa = 2 : 1 b. Buku referensi kurang dari 10 jenis | | √ √ |
5. Fasilitas | a. Bank soal mapel UN ada b. Rasio Komputer : siswa = 1 : 1 | a. Bank soal mapel UN ada b. Rasio Komputer : siswa = 1 : 4 | √ | √ |
6.Sarana prasarana | a. Ruang kelas standar b. Laboratorium IPA ada dan standar c. Laboratorium Bahasa ada d. Perpustakaan ada e. Ruang Multimedia ada f. Ketersediaan alat peraga yang memadai | a. Ruang kelas standar b. Laboratorium IPA ada dan standar c. Laboratorium Bahasa ada belum standar d. Perpustakaan ada e. Ruang Multimedia ada f. Ketersediaan alat peraga kurang memadai | √ √ √ √ | √ √ |
b. Eksternal | | | | |
1. Dana | a. Ketersediaan dana mencukupi | a. Ketersediaan dana belum mencukupi | | √ |
2. Komite sekolah | a. Dukungan Komite sekolah baik | a. Dukungan Komite sekolah baik | √ | |
3. Waktu | a. Ketersediaan waktu memadai | a. Ketersediaan waktu belum memadai | | √ |
H. ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN PERSOALAN
Komponen/ Faktor yang TIDAK SIAP | Persoalan pada komponen/faktor | Altaernatif Pemecanahn Persoalan |
Guru | Menguasai TIK 80% | Mengadakan Pelatihan TIK Mengirimkan workshop. IHT di sekolah. Mengikutkan guru pada MGMP |
Menguasai CTL 95% | Mengadakan Pelatihan CTL Mengirimkan workshop. IHT di sekolah. Mengikutkan guru pada MGMP | |
Menerapkan PAIKEM 90% | Mengadakan Pelatihan PAIKEM. Mengirimkan workshop. IHT di sekolah. Mengikutkan guru pada MGMP | |
Siswa | Siswa kurang siap menghadapi UN | Mengadakan try out Mengadakan tes kompetisi Penambahan jam pelajaran Pengadaan pelatihan motivasi |
Buku | Rasio buku pelajaran : siswa = 2 : 1 | Pengadaan buku |
Buku referensi kurang dari 10 jenis | Pengadaan buku referensi | |
Fasilitas | Rasio Komputer : siswa = 1 : 4 | Pengadaan komputer |
Sarana dan Prasarana | Ketersediaan alat peraga kurang memadai | Penambahan alat peraga |
Dana | Ketersediaan dana belum mencukupi | Penambahan dana dari sumber lain |
I. RENCANA PROGRAM KERJA DAN RENCANA KEGIATAN:
I. Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan
Sasaran 1 : Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 6,90 menjadi
7,00
Program Kerja 1.1 : Penambahan jam pelajaran
Kegiatan :
a. Pembentukan Panitia
b. Penyusunan jadwal
c. Pelaksanaan kegiatan
d. Supervisi dan evaluasi
Rincian Program Kerja 1.2 : Pengadaan Try out
Kegiatan :
a. Pembentukan Panitia
b. Penyusunan jadwal
c. Pelaksanaan kegiatan
d. Supervisi dan evaluasi
Rincian Program Kerja 1.3 : Pelatihan motivasi
Kegiatan :
a. Pembentukan panitia
b. Penyusunan program kerja
c. Pengadaan instrumen
d. Pengadaan bank soal
Rincian Program Kerja 1.4 : Pengadaan tes kompetisi
Kegiatan :
a. Pembentukan Panitia
b. Penyusunan jadwal
c. Pelaksanaan kegiatan
d. Supervisi dan evaluasi
1. Monitoring dan evaluasi ditujukan untuk mengetahui kinerja sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya , serta untuk mengetahui kecukupan unsur-unsur sekolah lainnya sesuai dengan SNP.
2. Substansi yang dimonev antara lain: kinerja guru, TU, kinerja sekolah, dan sumber daya sekolah lainnya, termasuk kesiswaan.
3. Dilakukan oleh kepala sekolah atau tim yang dibentuk sekolah secara berkala.
4. Instrumen Monev dapat diadopsi dari berbagai instrumen seperti instrumen akreditasi atau lainnya yang relevan.
5. Bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain (eksternal).
6. Termasuk di dalamnya adalah program supervisi klinis oleh sekolah.
M. PENANGGUNG JAWAB
1. Penanggung Jawab : Dra. Umiyar
2. Ketua : Singgih Pujianto, S.Pd
3. Sekretaris : Ali Sodikin, S.Pd
4. Bendahara : Endang Supriasih
5. Seksi Kegiatan SI, Standar Proses dan
Standar Penilaian : Erry Murniasih, S.Pd
6. Seksi Kegiatan Standar Sarana / Prsarana,
Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan
Standar Pengelolaan : M. Tarjono, S.Pd
P. LAMPIRAN
Beberapa dokumen yang harus dilampirkan antara lain:
1. Profil sekolah lengkap tahun dua terakhir
2. Nomor rekening sekolah
3. Foto copy sertifikat tanah
4. Gambar layout sekolah
5. Instrumen verifikasi peningkatan mutu SMP menuju SSN Tahun 2011
6. SK Panitia Pelaksanaan Peningkatan Mutu
7. SK dan susunan kepenguruan komite sekolah
8. Dokumen KTSP ( Dokumen 1 ) SMPN.1 Dukuhturi Kab.Tegal
9. Kalender pendidikan/akademik,
10. Pembagian tugas beban mengajar guru semester ganjil th.pel. 2011/2012
11. Jadwal pelajaran semester ganjil th.pel 2011/2012,
Komentar
Posting Komentar